Diduga Oknum Wartawan Meminta Sejumlah Uang Kepada Penjaga Toko Kelontong

Jakarta, – Buser Trans Online, Com.

Diduga Kuat oknum wartawan melakukan pemerasan terhadap pedagang warung kelontong. Awalnya Sekumpulan oknum yang mengatasnamakan media mendatangi toko yang terletak di wilayah Jakarta Timur.

Dengan nada arogan komplotan yang mengatasnamakan wartawan menanyakan kepada pemilik toko “Pak, toko bapak menjual obat kadaluarsa ya,” dengan nada arogan seraya pemilik toko menirukan gaya oknum wartawan sore itu (2/24).

Saat ditanya identitas Dan surat tugas sebagai wartawan pria berinisial “M F” dengan lantang menyatakan kepada pemilik toko “buat apa Tanya tanda pengenal dan surat tugas, kami ini wartawan,” ucapnya kepada pemilik toko.

Hal ini jelas menunjukan sikap yang salah bagi insan media. Jelas wartawan dilengkapi dengan kartu tanda pengenal dan surat tugas. Dan itu mutlak ditunjukan ketika menemui narasumber.

Tak selang berapa jam kemudian wartawan dengan kulit hitam mengirimkan tulisan “Saya akan memuat berita toko ini, kalau mau aman tolong kirimkan Kami uang dua juta,” terang pemilik toko sambil menunjukan perckaap dengan oknum wartawan.

Unsur delik seharusnya tidak dibenarkan untuk di sebarkan, terlebih dengan tujuan menakuti narasumber dengan tujuan meminta sejumlaj uang. Dengan prilaku yang tidak seharusnya dilakukan oleh insan pewarta, dalam hal ini pihak narasumber tidak seharusnya takut.

Berdasarkan UU No. 40 tahun 1999, Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Pedoman Pemberitaan Media Siber yang menyatakan wartawan wajib menguji informasi, tidak beropini dan berimbang. Maka wartawan harus bisa menunjukan sikap berpendidikan. (Red)