Drs. pudji Santoso Tingkatkan Kualitas Mutu Pendidikan di SMK NEGERI 4 Garut

Garut, Buser Trans online, Com.

Salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang terdapat pada alinea ke-4 UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mencerdaskan kehidupan bangsa sangat ditopang dengan sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu, agar menjadikan SDM Indonesia berkualitas, diperlukan pemupukan sejak dini melalui peningkatan mutu pendidikan.

Pendidikan adalah salah satu langkah untuk mempersiapkan SDM bangsa, supaya bisa bersaing di era globalisasi dan digital pada masa mendatang. Oleh karena itu, tentunya peningkatan mutu pendidikan haruslah dimulai dari tingkat satuan pendidikan.

Peningkatan mutu pendidikan di satuan pendidikan adalah tindakan yang diambil oleh satuan pendidikan guna memperbaiki hasil penyelenggaraan pendidikan agar sesuai dengan arah kebijakan pendidikan yang telah ditetapkan melalui peningkatan efektivitas dan efisiensi dari proses dan aktivitas pendidikan yang dilakukan.

Banyak usaha yang telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Institusi pendidikan juga tidak ketinggalan dengan mengadakan kegiatan ilmiah yang dapat mengembangkan potensi guru melalui seminar, pelatihan, workshop dan lainnya secara berkelanjutan. Sehingga guru menjadi profesional yang mempunyai kemampuan meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah yang pada akhirnya peningkatan mutu pendidikan akan terwujud dan menjadi kenyataan.

Salah satu upaya pemerintah guna meningkatkan mutu pendidikan melalui dana bantuan operasional sekolah (BOS). Dana BOS merupakan dana APBN yang digunakan untuk mendanai belanja non personalia bagi satuan pendidikan dasar dan menengah sebagai pelaksana wajib belajar dan dapat dimungkinkan untuk mendanai beberapa kegiatan sesuai ketentuan yang berlaku.

Ketika tim media Buser trans online menemui Kepala Sekolah SMK N 4 Garut Drs.Pudji Santoso memaparkan di ruang kerjanya, bahwa apa yang menjadi visi dan misi dari sekolah yang Dia pimpin. Adapun visi SMK N 4 Garut yaitu: Terselenggaranya sekolah unggul dan mandiri untuk menghasilkan lulusan yang berjiwa wirausaha, cerdas dan siap kerja, kompetitif dan memiliki jati diri bangsa serta berwawasan lingkungan. ”Untuk mewujudkan Visi tersebut, SMK NEGERI 4 Garut menentukan langkah – langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut :
1.Meningkatkan mutu tamatan cerdas, siap kerja, produktif, kompetitif yang berjiwa wirausaha.
2.Memperkuat sistem pengelolaan SMK melalui penerapan Sistem Manajamen Mutu SO 9001 : 2008.
3.Meningkatkan mutu tamatan melalui penerapan sikap disiplin, budi pekerti luhur, berwawasan lingkungan dan pembelajaran berpusat pada peserta didik berbasis TIK.
4.Meningkatkan pelayanan pada masyarakat untuk berbagai jenis pelatihan Agribisnis serta rela berbagi sumber daya lainnya.
5.Menjadi SMK rujukan untuk masyarakat dan SMK-SMK di Kabupaten Garut

” Adapun tujuan dan harapan dari VISI MISI Tersebut adalah:
– Mengembangkansistem seleksi penerimaan peserta didik baru dan melakukan pembinaan pada calon peserta didik.
– Meningkatkan kualitas dan jumlah tenaga kependidikan sesuai dengan tuntutan pembelajaran yang berkualitas.
– Mengupayakan pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan hasil belajar peserta didik.
– Menjalin kerja sama dengan institusi terkait, masyarakat dan dunia usaha dalam rangka pengembangan program pendidikan yang berakar pada budaya bangsa dan mengikuti perkembangan Iptek.
– Mempertajam pembelajaran yang berbasis kompetensi (CBT), dan kecakapan hidup.
– Meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler unggulan sesuai dengan potensi dan minat peserta didik.
– Meningkatkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).
– Meningkatkan kesejahteraan warga sekolah.

Lebih lanjut Drs.Pudji Santoso memaparkan apa yang menjadi keinginan dan harapan beliau di SMK Negeri 4 Garut yaitu SMK N 4 Garut dapat bersaing dengan sekolah lain baik di bidang akademik maupun non akademik, pungkasnya ( Firman).