Kepala Sekolah SMA N 1 SUMEDANG : TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Kab Sumedang, Buser trans online. Com.

SMA Negeri 1 Sumedang senantiasa menjadi sekolah tujuan yang banyak diminati peserta didik lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP). SMA negeri 1 Sumedang berdiri sejak 1 Oktober 1958 yang ditandai dengan penyerahan surat keputusan Departemen Kebudayaan yang diterima oleh Bpk Kosam Erawan selaku Kepala Sekolah pertama. Jurusan budaya dan sosial ( BUDSOS ) dan ilmu pasti dan ilmu pengetahuan alam ( PASPAL) merupakan jurusan pertama kali dibuka di SMA Negeri 1 Sumedang.

Salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang terdapat pada alinea ke-4 UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mencerdaskan kehidupan bangsa sangat ditopang dengan sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu, agar menjadikan SDM Indonesia berkualitas, diperlukan pemupukan sejak dini melalui peningkatan mutu pendidikan.

Pendidikan adalah salah satu langkah untuk mempersiapkan SDM bangsa, supaya bisa bersaing di era globalisasi dan digital pada masa mendatang. Oleh karena itu, tentunya peningkatan mutu pendidikan haruslah dimulai dari tingkat satuan pendidikan.

Peningkatan mutu pendidikan di satuan pendidikan adalah tindakan yang diambil oleh satuan pendidikan guna memperbaiki hasil penyelenggaraan pendidikan agar sesuai dengan arah kebijakan pendidikan yang telah ditetapkan melalui peningkatan efektivitas dan efisiensi dari proses dan aktivitas pendidikan yang dilakukan.

Banyak usaha yang telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Institusi pendidikan juga tidak ketinggalan dengan mengadakan kegiatan ilmiah yang dapat mengembangkan potensi guru melalui seminar, pelatihan, workshop dan lainnya secara berkelanjutan. Sehingga guru menjadi profesional yang mempunyai kemampuan meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah yang pada akhirnya peningkatan mutu pendidikan akan terwujud dan menjadi kenyataan.

Salah satu upaya pemerintah guna meningkatkan mutu pendidikan melalui dana bantuan operasional sekolah (BOS). Dana BOS merupakan dana APBN yang digunakan untuk mendanai belanja non personalia bagi satuan pendidikan dasar dan menengah sebagai pelaksana wajib belajar, dan dapat dimungkinkan untuk mendanai beberapa kegiatan sesuai ketentuan yang berlaku.

Kepala Sekolah SMA N 1 SUMEDANG Odang kusyana memaparkan di ruang kerjanya, bahwa apa yang menjadi visi dan misi dari sekolah yang Dia pimpin. Adapun visi SMA NEGERI 1 SUMEDANG yaitu
Mewujudkan insan Bereligi, Unggul dalam prestasi, Mampu mengembangkan dan menerapkan IPTEK, Mandiri, Berbudaya serta berwawasan lingkungan, serta misi: 1: Meningkatkan keimanan
dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa.

2: Mempersiapkan siswa untuk memperoleh pendidikan lebih lanjut yang mampu bekerja keras dan tangguh.
3: Bertanggung jawab dan Mandiri, dan mempersiapkan siswa menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif dan kreatif dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

4: Mempersiapkan siswa untuk mampu bersaing di era globalisasi dengan semangat kebangsaan dan kesetiakawanan sosial yang tinggi.

5: Meningkatkan kepribadian dan keterampilan yang didukung dengan kesehatan jasmani dan rohani.

” Adapun tujuan dan harapan dari VISI MISI Tersebut adalah:
Siswa taat beribadah terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Mengembangkan potensi bakat dan minat siswa dan guru. Siswa berprestasi dalam bidang keagamaan. Siswa cerdas dalam Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Agama.
Siswa berprestasi dalam bidang olympiade MIPA. Siswa berprestasi dalam olahraga volly mini, takraw, dan pencak silat. Warga sekolah menjaga keasrian lingkungan sekolah, dan seluruh warga sekolah melakukan pembiasaan 3 K ( Kebersihan diri, Kebersihan kelas, dan Kebersihan Sekolah ),Setiap tahunnya.

” SMA Negeri 1 Sumedang meluluskan peserta didik yang diterima diberbagai perguruan tinggi yang berkualitas. Melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur seleksi lainnya. Dewasa ini alumni SMA Negeri 1 Sumedang yang tersebar diberbagai daerah tercatat memiliki posisi-posisi penting dan strategis diberbagai bidang pekerjaan,” pungkasnya. (Firman.s).