Ketua DPRD Pangandaran Hadiri Harlah Ke -10 KMP : Berharap Mahasiswa Harus Menjadi Penggerak Pembangunan

Pangandaran – Buser Trans Online.

Keluarga Mahasiswa Pangandaran ( KMP ) melaksanakan seminar dalam rangka rangkaian acara Peringatan Harlah Ke – 10 dengan membawa tema ” Transfomasi Organisasi Menuju Pangandaran Maju dan Mendunia” Nguniang Mapag Balebat, yang langsung bertempat di ruang rapat DPRD Kabupaten Pangandaran, Rabu ( 26 /Oktober /2022 ).

Hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Pangandaran, Asep Noordin H. M. M. juga Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangandaran, Dr, H. M. Agus Nurdin, M.Pd. juga hadir Ketua KPU Pangandaran, Muhtadin, SHI, beserta Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran, Iwan Yudiawan, S. Ag. Juga dan juga Ketua Umum KMP, Moh. Luthfi Aditya.H. serta tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin pada kesempatan tersebut, menyampaikan, Kami atas nama Ketua DPRD beserta anggota mengucapkan selamat hari ulang tahun Keluarga besar Mahasiswa Pangandaran ( KMP ) yang Ke – 10, tepatnya di hari ini, ‘KMP’ melakukan seminar merupakan rangkaian kegiatan – kegiatan lainya. Tentu Kami mengucapkan selamat ulang tahun, mudah mudahan ‘KMP’ lebih besar bisa lebih manfaat baik untuk rekan rekan mahasiswa, maupun untuk kemajuan Kabupaten Pangandaran.

Di hari ini, temen – temen mahasiswa mengadakan seminar untuk kewira usahaan, bagaimana menyiapkan generasi untuk ikut mendorong bagaimana Pangandaran lebih maju bisa mendunia, dan tentu kami melakukan langkah langkah kedepan sumberdaya manusia, menyiapkan generasi. Dan hari ini, mahasiswa punya tanggung jawab yang sama, dan sesungguhnya Pangandaran kedepan ini juga rekan rekan mahasiswa menjadi estapet kepemimpinan maupun pembangunan yang harus di teruskan oleh generasi genersi muda ini.

” Di hari ini mahasiswa sangat luarbiasa melakukan langkah langkah yang positif, yang tentu harapan Saya selaku pemerintah daerah harus bisa menanggapinya, harus bisa menyalurkan apa yang jadi ide serta gagasan para temen temen mahasiswa,” ucapnya.

Menurut Asep, tadi saya sampaikan beberapa hal pada kepala dinas sebagaimana yang di tugaskan oleh Bupati, agar harus ada program – program dari Skpd yang bisa bekerjasama berkolaborasi dengan kegiatan – kegiatan ke mahasiswaan, sehingga mahasiswa betul – betul menjadi penggerak juga menjadi ikut aktif langsung dalam kegiatan pembangunan Kabupaten Pangandaran. Rekan – rekan mahasiswa sudah mulai bagaimana menyiapkan generasi untuk menghadapi perubahan global. Terutama pembangunan sekarang alih teknologi dan sebagainya, sehingga tema yang di usung oleh temen – temen juga lebih kepada wirausaha berkaitan dengan digitalisasi usaha, dan mau tidak mau memang kecepatan pembangunan saat ini harus menggunakan teknologi dan rekan rekan mahasiswa melihat itu, dan rekan rekan mahasiswa lebih mendorong pada bagaimana digitalisasi usaha agar bisa bersaing dengan global.

“Kami berharap, pada rekan rekan mahasiswa lebih proaktif lebih sering menyampaikan ide gagasan, bahkan keritikan pada pemerintah, karena kita pun perlu keritik dari rekan – rekan mahasiswa. Perlu saran, perlu masukan dan pemikiran dari rekan – rekan mahasiswa agar pembangunan ini lebih dinamis bisa betul – betul di wujudkan sesuai dengan apa yang di harapkan oleh masyarakat, serta saya yakin, mahasiswa menyampaikan apa yang di harapkan masyarakat, ” Tuturnya.

Kita harus menerima apa yang di sampaikan ide juga gagasan rekan rekan mahasiswa yang harus di jadikan salah satu rekomendasi bagaimana untuk menentukan arah kebijakan pembangunan di Kabupaten Pangandaran. Mahasiswa ini, mempunyai sejarah yang sangat kuat. Negeri kita merdeka itu salah satu perannya adalah mahasiswa. Bagaimana mahasiswa pada saat itu, mahasiswa melakukan percepatan kemerdekaan Republik Indonesia. Hari ini mahasiswa harus mengenal sejarah itu, dan memposisikan bagaimana mahasiswa di Pangandaran juga harus bisa melakukan percepatan pembangunan di Kabupaten Pangandaran.

” Mahasiswa atau pun budaya harus menjadi agen perubahan. Mahasiswa harus menjadi penggerak pembangunan, mahasiswa harus menjadi bagimana mahasiswa juga bisa memberikan ide, gagasan, inovasi, yang terkait moderenisasi pola sistem ke organisasian, dan pelayan, sehingga kemajuan teknologi, penyamaan teknologi ini, kita salah satu langkah strategi di persiapkan oleh kita, “imbuhnya.

Sementara di tempat yang sama, Moh. Luthfi Aditya.H selaku Ketua Umum KMP, menyampaikan, bahwa di kegiatan ini kita mengambil tema transpormasi Organisasi menuju Pangandaran mendunia. Itu sebagai bentuk upaya kami dalam melakukan perubahan organisasi, yang mana biasanyaa organisasi lebih cendrung lebih mengkritisi menjadi oposisi pemerintah saja.

” Tapi organisasi mahasiswa saat ini, harus sudah bisa selayaknya organisasi mahasiswa menjadi mitra pemerintah dalam upaya pencapaian ataupun penuntasan program kerja pemerintah, supaya Visi Pangandaran dapat terwujud dengan cepat,” ucapnya.

Menurut Luthfi, Kabupaten Pangandaran melihat peluang dengan wisata kelas dunia itu, tentu akan otomatis ekonomi pun akan tumbuh dengan cepat. ” Maka kita dari mahasiswa, harus mampu merespon ikut berperan aktif supaya roda perekonomian di Kabupaten Pangandaran cepat tumbuh dengan cepat,” katanya.

Lanjutnya lagi Luthfi mengatakan,
kemarin – kemarin di Pangandaran mahasiswa banyak berbicara masalah politik. Tapi hari ini kita mengambil tema berbeda. Kita hari ini mengambil tema kewira usahaan yang mana bertujuan untuk merangsang mahasiswa supaya mampu berwira usaha, dan mampu melihat peluang ketika Pangandaran sudah menjadi Wisata Pangandaran berkelas dunia.

” Kita sebagi mahasiswa harus mampu memanpaatkan digital, karna hari ini tidak bisa di pungkiri lagi eranya digitalisasi. Maka setiap digitalisasi itu, kita harus mampu memaksimalkan itu. Baik ketika melakukan peluncuran produk dari usaha – usaha misalkan,,,!! dan hari ini mahasiswa yang hadir sebagian sudah mempunyai usaha usaha kecil,”ujarnya.

Luthfi menambahkan, mengenai acara seminar itu terbuka untuk umum, tapi hari ini kita sasaran utama adalah mahasiswa, karena kita akan berkelanjutan, dan hari ini di momen harlah, sasarannya maha siswa, dan untuk kedepannya kita akan mengundang secara umum. Baik itu dari kalangan mahasiswa, maupun para pengusaha pengusaha, ataupun masyarakat yang lain. Organisasi KMP sebelum di pimpin Kami banyak hal yang sudah dilakukan, terutama dalam kepedulian lingkungan sosial. Maka dihari ini, di pengurusan kami terus melanjutkan pada kepedulian terhadap lingkungan sosial. Sebagimana yang kami lakukan baru baru ini, yaitu melakukan penanaman mangrove, untuk upaya dalam membantu penjagaan lingkungan, dan kemudian kami KMP berkomunikasi dengan Bupati juga kita akan melakukan program sosialisasi dari bahaya narkoba.

” Alhamdulillah program itu kita sudah bicarakan, bahkan sudah mendapatkan ijin dari Bupati, sehingga sampai saat ini kita sudah kerjasama dengan Polres Pangandaran. Selanjutnya akan menempuh ke BNNK Kabupaten Ciamis, karena di Kabupaten Pangandaran belum ada,” jelasnya.( Ateng