Dalam Rangka Mencari Bakat: IPSI Bekerjasama Dispora Garut: Gelar Lomba Tradisi dan Festival Pencak Silat

Kab Garut – Buser Trans Online. Com.

Indonesia memiliki beragam seni dan budaya yang harus dilestarikan dan kembangkan. Salah satunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melalui Dinas Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) menggelar lomba tradisi Festival Pencak Silat Tradisional, bertempat di gor seni dan budaya Ciatel Garut, Jumat kemarin( 13 /Oktober/ 2023 ).

Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman,
bersta Kapolres Garut dan Ketua Dispora, beserta Ketua IPSI Garut
yang di ikuti sebanyak15000 peserta se Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Adapun yang berhasil menjadi sebagai juara pertama, yaitu Dinda Dadang Hidayat salah satu putra dari pasangan Acun Sundaran dengan Nunung Komala yang di dampingi oleh Kepala Sekolah SDN Nanjung Jaya Kersamanah Garut, serta Lurah Pemi sebagai Lurah Desa Nanjung Jaya yang ikut tampil dalam acara Festival Pencak Silat.

Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, yang menyaksikan kegiatan tersebut mengatakan, pemerintah daerah sangat mengapresiasi Festival Pencak Silat Seni dan Tradisi yang diselenggarakan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Garut yang bekerjasama dengan Dispora Kabupaten Garut ini.

Menurutnya, seni budaya Silat mengandung banyak unsur pembelajaran bagi generasi muda yang baik, sekaligus memacu diri untuk meraih prestasi, maka pemerintah daerah sangat mengapresiasi Festival Pencak Silat Seni dan Tradisi ini.

“Semoga festival ini menciptakan generasi muda yang sehat jasmani dan rohani sehingga Kabupaten Garut semakin jaya. Dan Kami berharap, pencak silat akan eksis dan dapat bersinergi dengan Pemkab Garut dalam membangun mental generasi muda. Komitmen IPSI Kabupaten Garut tidak main-main dalam membangun generasi yang mencintai dan bangga terhadap olahraga pencak silat. “Ini salah satu budaya kita, dan semoga dengan adanya kegiatan akan melahirkan satria-satria yang dapat memajukan seni bela diri di Garut,”tuturnya.

Sementara Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Garut, Agus Mulyana mengatakan, festival yang digelar diikuti 15000 peserta serta dengan di gelarnya lomba tradisi seni Festival pencak silat ini dalam rangka mencari bakat dan sekaligus melestarikan seni budaya, khususnya pencak silat yang Alhamdulillah di gelar bekerja sama dengan Dispora Kabupaten Garut dalam rangka mancari bakat, dan melesyarikan seni budaya khususnya pencak silat ini. Kita berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini, pemerintah terkait, ikut mendukung dan mempasilitasi bakat bakat anak anak yang bertprestsi.

” Saya sangat apresiasi kepada para murid khusus yang mengikuti acara ini, apalagi yang menjadi juara, Kami selaku ketua IPSI sangat mersa bangga, dan insya Alloh akan kita tingkatkan dan pasilitasi kegiatan seni budaya ini,” ujarnya. ( Soni S).