Menjelang HUT Ke 11 Kab Pangandaran: Bupati Jeje Wiradinata dan Wabup H. Ujang Endin Indrawan Ziarah ke Makam Tokoh Presidium

Pangandaran – Buser Trans Online. Com.

Menjelang hari ulang tahun ke 11 Kabupaten Pangandaran yang jatuh setiap 25 Oktober, jajaran pejabat Pemerintah Daerah melakukan ziarah ke makam para tokoh agama dan tokoh Presidium Pemekaran. Ziarah makam dilakukan selama tiga hari.

Di hari pertama, ziarah dilakukan di makam Inisiator Pemekaran Kabupaten Pangandaran H. Yos Rosbi di makam keluarga di Desa Cikembulan, Kecamatan Sidamulih, Minggu, 22 Oktober 2023.

Selain Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, dan istri juga hadir dalam ziarah makam tersebut, Wakil Bupati Ujang Endin Indrawan dan istri, Sekda Kusdiana dan istri, Asda I Rida Nirwana, Asda III Suheryana dan sejumlah pejabat serta Dandim 0625 Letkol Inf Indra Mardianto Subroto dan perwakilan dari tokoh Presidium Pemekaran Andise Sosse.

Dalam biografinya, H. Yos Rosbi lahir di Tasikmalaya 1 Januari 1940 merupakan inisiator, penggagas dan pemrakarsa Pemekaran Kabupaten Pangandaran dengan jabatan sebagai Bendahara Presidium.

Beliau memiliki andil yang sangat besar dalam pembentukan Kabupaten Pangandaran. Beliau wafat pada 14 April 2019 di usianya yang ke 79 tahun.

Di sela-sela waktunya, Bupati Jeje Wiradinata mengatakan, bukan hanya Jas Merah yang tidak dan jangan melupakan sejarah, tetapi ziarah ini mendoakan para almarhum pejuang pemekaran.

“Bahwa proses pemekaran Kabupaten Pangandaran ini tidak mudah yang sekarang sudah berusia sebelas tahun. Tapi yang penting adalah memahami sisi substansi hal yang prinsip dalam pemekaran ini,” ucap Jeje.

Lanjut Jeje, pada tahun 2012 masyarakat menyambut pemekaran agar Pangandaran lebih baik, masyarakat lebih sejahtera dan akses mudah.

Maka kata Jeje, di ulang tahun ke 11 tahun ini menjadi renungan dirinya bersama teman-teman di pemerintahan, apakah harapan dan cita-cita pemekaran yang digagas oleh presidium dan masyarakat tercapai atau belum itu menjadi hal yang penting dalam perenungan pada saat memperingati hari ulang tahun Kabupaten Pangandaran yang ke 11 tahun.

Jeje mengatakan, untuk pembangunan infrastruktur jalan ke pelosok sudah hampir 100 persen sudah selesai, penataan kawasan, program pendidikan dan pelayanan kesehatan gratis. Begitu juga dengan infrastruktur jalan konektivitas ke desa-desa.

“Peningkatan ekonomi sedang kita bangun, indeks pendidikan dan kinerja pemerintah juga sudah bagus, ya sudah menyamai dengan daerah lainnya. Itu sesuai ukuran indeks hitungan yang ada. Tapi yang paling prinsip adalah masyarakat yang bisa merasakan dan menikmati hasil pembangunannya,” ujarnya.

Kemudian ziarah dilanjutkan ke makam tokoh agama dan pemekaran Kabupaten Pangandaran yang tersebar di beberapa kecamatan. ( Red).