Komandan Kodim (Dandim) 0612 Tasikmalaya: Hadiri Pengibaran Bendera Merah Putih Ukuran Raksasa di Bukit Panyangrayan

Kab Tasikmalaya – Buser Trans Online.

Pengibaran bendera Merah Putih berukuran raksasa di Bukit Panyangrayan Kampung Sadaukir Desa Sukapura, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, berjalan sukses (Sabtu, 19 Agustus 2023).

Pengibaran bendera merah putih raksasa terpanjang dan terbesar di Kabupaten Tasikmalaya, dengan panjang 150 meter dan lebar 10 meter tersebut, di gelar dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke -78 tahun 2023 di tingkat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya yang langsung di hadiri Komandan Kodim (Dandim) 0612 Tasikmalaya, Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P., Komandan Koramil (Danramil) 1214 Sukaraja selaku Ketua Panitia acara Kapten Inf Adi Jumali, juga hadir Kapolsek Sukaraja AKP Puryono., Camat Sukaraja Dr. H. Daris, S.Pd., M.Si., H. Didi Supriadi sebagai sponsor tunggal acara sekaligus calon legislatif dari Fraksi Golkar daerah pemilihan (DAPIL) 6 Kabupaten Tasikmalaya, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Nana Heryana, MM., Kepala Puskesmas Sukaraja H. Memed Supendi., Babinpotdirga Lanud Wiriadinata Serka Yunarto., Ketua MUI Kecamatan diwakili KH. R. Cecep Ahmad Mukodas., Ketua Karang Taruna Kecamatan Sukaraja Iyep., Kepala Desa Sukapura Drs. Deli Sadili., Toga, Tomas, Toda dan ratusan masyarakat yang ada di wilayah hukum pemerintah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya.

Komandan Koramil (Danramil) 1214 Sukaraja selaku Ketua Panitia acara Kapten Inf Adi Jumali., mengatakan, tujuan dari pengibaran bendera merah putih raksasa tersebut untuk meningkatkan jiwa nasionalisme warga masyarakat khususnya di Kecamatan Sukaraja dan umumnya di Kabupaten Tasikmalaya, selain itu Adie pun mengatakan kegiatan pengibaran bendera merah putih raksasa tersebut baru pertama kali atas ide dirinya dan dukungan semua pihak, baik Muspika ataupun para tokoh, Kepala Desa dan seluruh instansi yang terkait lainnya.

“Alhamdulillah hari ini saya bersama seluruh warga masyarakat dan seluruh pihak yang terkait lainnya baik itu dari tim Musyawarah Pimpinan Kecamatan (MUSPIKA) Sukaraja, para tokoh dan seluruh Kepala Desa serta pihak yang terkait lainnya termasuk dukungan sekaligus sponsor dari Bapak H. Didi Supriadi telah mengibarkan bendera merah putih raksasa terpanjang dan terbesar di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya ini dengan panjang 150 meter dan lebar 10 meter, “ucapnya.

Menurut Kapten Inf Adi Jumali, bahwa pengibaran bendera merah putih raksasa ini, bertujuan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme kita dan warga masyarakat khususnya di Kecamatan Sukaraja umumnya di Kabupaten Tasikmalaya, agar para generasi muda untuk lebih meningkatkan jiwa nasionalismenya lebih tinggi. Dan kegiatan ini baru pertama kali dilakukan yang memang awalnya ide saya selaku ketua panitia, dan langsung saya berkoordinasi dengan tim MUSPIKA dan para Kepala Desa, para tokoh dan pengelola, serta dibantu dengan dukungan dan sponsor dari Bapak H. Didi Supriadi dan dukungan dari seluruh pihak terkait.

” Alhamdulillah pengibaran bendera merah putih raksasa ini berhasil dilakukan, dan saya ucapkan terimakasih juga Kepada Bapak Komandan Kodim (DANDIM) 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P., yang sudah hadir dalam acara, dan terimakasih juga kepada semua pihak yang terkait dan sudah hadir dalam acara, semoga kegiatan ini menjadi bermakna dan cerminan rasa kebanggaan dan kecintaan kita kepada tanah air sekaligus menjadi motivasi para generasi muda untuk meningkatkan jiwa nasionalismenya”, tandasnya.

Sementara Komandan Kodim (DANDIM) 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P., dalam sambutannya mengatakan, “Makna dari pengibaran bendera di Bukit Penyangrayan, segala sesuatu butuh perjuangan butuh kesungguhan. Di implementasikan oleh Danramil dengan waktu selama satu bulan menyiapkan persiapan, berbeda sekarang ini melihatnya sangat mudah padahal ini kendalanya banyak. Tadi saja pelaksanaan masih ada kendala padahal sudah di jadikan, sehingga makna yang dalam tidak semua diperoleh dengan kemudahan, tentu butuh perjuangan. Sama halnya dengan kemerdekaan yang sudah kita nikmati 78 tahun itu bukan hal yang mudah di capai oleh para pejuang kita.

” Kita sebagai generasi muda harus mengingat sejarah, harus tau kembali sejarah supaya kita bisa mensyukuri dan kedepannya bisa berbuat yang baik dengan perbuatan yang positif untuk membangun negara”,terangnya.

Selain Dandim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P., H. Didi Supriadi salah satu calon anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya dari Fraksi Golkar daerah pemilihan (DAPIL) 6 sebagai sponsor tunggal acara mengatakan, kegiatan pengibaran bendera merah putih raksasa tersebut baru yang pertama dilakukan di wilayah Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya sebagai wujud kepedulian dan rasa cinta terhadap tanah air dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun 2023.

Selain itu, sesuai dengan slogannya Sukaraja Bersatu, Sukaraja Maju, H. Didi pun mengatakan kegiatan pengibaran bendera merah putih raksasa tersebut, sebagai wujud persatuan warga masyarakat bersama seluruh pihak yang terkait, dirinya pun berharap kedepannya Sukaraja bisa lebih maju.

“Kegiatan pengibaran bendera merah putih raksasa ini baru yang pertama dilakukan di wilayah Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya sebagai wujud kepedulian dan rasa cinta kita terhadap tanah air dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun 2023, selain itu, sesuai dengan slogan saya yaitu Sukaraja Bersatu, Sukaraja Maju, kegiatan pengibaran bendera merah putih raksasa ini sebagai wujud persatuan warga masyarakat bersama seluruh pihak yang terkait, saya pun berharap kedepannya Sukaraja bisa lebih maju lagi”, tegasnya. (Yana).