Kapolres Sragen Kerahkan Ratusan Personel, Amankan Ibadah Tri Hari Suci Umat Kristiani, Mulai Sterilisasi Gereja

POLRES SRAGEN – BUSER TRANS ONLINE.

Kapolres Sragen Polda Jateng AKBP Piter Yanottama mengerahkan hingga ratusan personel mengamankan jalannya rangkaian ibadah tri hari suci perayaan Paskah, dimulai ibadah Kamis Putih umat Kristiani di kabupaten Sragen. Kamis (06/04/2023).

Dalam keterangannya, Kapolres Sragen mengatakan, ada sejumlah sepuluh gereja besar yang tersebar dikabupaten Sragen malam ini diamankan anggota Polres Sragen dan Polsek jajarannya.

Sepuluh gereja tersebut diantaranya GKJ Gambiran Induk, Gereja Baitania, GKJ depan BCA, Gereja Baptis Indonesia, Gereja Kristen Indonesia, Gereja Paroki Santa Perawan Maria, Gereja Kristen Jawa Dagan Palur, GPDI Gereja Pantekosta, Gereja Kristen Jawa Sidomulyo serta Gereja Kristen Jawa Tamanasri.

“ Pengamanan ibadah Paskah ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun yang masuk dalam agenda Kamtibmas. Pengamanan ini merupakan kewajiban bagi jajaran Polri untuk mengamankan kegiatan keagamaan bagi umat Kristiani, “ Ujar Kapolres.

AKBP Piter menguraikan, pengamanan ini merupakan awal kegiatan ibadah bagi umat Kristiani, yang mana setelah kegiatan Ibadah Kamis Putih, masih digelar pengamanan ibadah Jumat Agung serta malam Paskah dan puncaknya adalah ibadah Paskah pada hari Minggu.

Untuk memberikan pengamanan secara maksimal, jajaran Polres Sragen telah mengadakan kegiatan sterilisasi dilingkungan gereja, dimulai satu jam sebelum pelaksanaan ibadah Kamis Putih siang ini.

Kegiatan sterilisasi diikuti oleh sejumlah 20 personel Satuan Samapta, dengan menggunakan peralatan metal detektor, mirror, serta anjing pelacak K9.

Mereka menyisir bagian luar gereja atau lingkungan luar, bagian dalam gereja mulai dari pasturan hingga altar gereja.

Lanjut Kapolres, tidak dijumpai hal-hal mencurigakan dalam kegiatan sterilisasi. Pelaksanaan ibadah hingga malam inipun berlangsung lancar tanpa kendala dan bahaya.

(Humas Polres Sragen Polda Jateng / Vio Sari ).